WORDPRESS DEVELOPER YOGYAKARTA INDONESIA

Tonjoo adalah sebuah startup yang terdiri dari para WordPress Developer di Yogyakarta. Awal mula berdirinya Tonjoo ketika dua manusia yang sangat menyukai dunia startup, Pranowo S. Putro dan Todi Adiyatmo W. memutuskan masuk dalam industri digital di Indonesia. Pada awal 2014, mereka mengajak Purnawan Widyanaputra dan M. Iqbal Jayadi untuk melengkapi komponen founder dalam tim sehingga Tonjoo dapat berakselerasi dengan cepat.

Todi Adiyatmo W. adalah CEO Tonjoo. Dia adalah seorang techies sejati yang menguasai berbagai bahasa pemrograman, dan bisa dikatakan salah satu WordPress scientist terbaik di dunia. Todi adalah salah satu keajaiban dalam dunia WordPress, dimana menciptakan produk dan teknologi yang dapat berkontribusi pada industri pengembangan web, khususnya WordPress. Kontribusinya pada WordPress Developer Yogyakarta membuat Tonjoo dipandang sebagai startup yang memiliki keahlian pada teknologi WordPress.

Pranowo S. Putro merupakan komisaris Tonjoo, sekaligus Business Intelligence strategist yang bertugas meningkatkan traffic, unique visitor, konten, serta goal utama yaitu meningkatkan penjualan setiap produk plugin dan themes. Pengambilan keputusan strategis yang dibuat olehnya selalu mengacu pada analisis data, dan tools yang dipakai sesuai dengan kebutuhan. Putro memiliki prinsip angka konversi adalah patokan utama keberhasilan sebuah startup.

Purnawan Widyanaputra dan M. Iqbal Jayadi merupakan dua orang kemudian yang bergabung sebagai pendiri Tonjoo. Mereka adalah adik kelas dua founder di atas semasa SMA. Purnawan berperan sebagai Project Manager, yang memastikan semua pekerjaan proyek dan pengembangan produk berjalan lancar dan tepat waktu. Sedangkan Iqbal, adalah evangelist WordPress Developer Yogyakarta. Dia bertugas memberi training kepada calon developer WordPress agar siap memasuki dunia industri digital berbasis WordPress.

Pertengahan 2013 saat WordCamp Meet Up, ajang kumpulnya WordPress Developer Yogyakarta dan seluruh Indonesia, Todi Adiyatmo mengguncang acara. Dia merilis Lotus Framework, sebuah framework yang mampu berdiri diatas WordPress, memudahkan WordPress developer Yogyakarta dan yang lainnya untuk mengkostumisasi fitur-fitur pada WordPress. Semenjak saat itu, para founder meyakini menjalankan startup berbasis WordPress.

Pemilihan WordPress sebagai platform startup, telah memperhitungkan validasi ide, produk, dan model bisnis. WorPress adalah Content Management System (CMS) terbesar di dunia, memiliki 60 juta lebih pengguna, akar komunitas yang kuat, dan berbagai fitur di WordPress memiliki nilai jual. Selain itu, jumlah WordPress Developer Yogyakarta cukup banyak, sehingga mudah mencari talenta untuk menjadi karyawan Tonjoo. Tidak hanya itu, model bisnis startup berbasis WordPress juga cukup unik. Tonjoo dapat melakukan project dan pengembangan produk secara beriringan. Karena Tonjoo adalah sebuah startup mandiri tanpa sokongan dana venture capital, maka dalam pelaksanaan operasional harian, management harus memutar otak dalam mendapatkan penghasilan. Maka, melaksanakan proyek yang merupakan permintaan klien harus tetap diterima.